bahasa query komersial














BAHASA QUERY KOMERSIAL
- SQL adalah suatu bahasa yang berisi perintah-perintah untuk melakukan manipulasi database, seperti menghapus, mengubah, memilih, menggabungkan data.

Data SQL-database adalah database yang bersifat relational dan dinamis.

SQL-database bersifat dinamis, artinya struktur tabel-nya dapat sewaktu-waktu berubah tanpa harus melakukan konversi data yang sudah ada.

- Beberapa program database yang menggunakan SQL antara lain :
Oracle, DB2, Sybase, MySQL, Ms.Access, Ms.SQL Server, Informix, Ingres, Interbase, PostgreSQL.

Kelompok informasi (field) dalam SQL-database disebut tabel, yang terdiri dari baris dan kolom.

Jenis- jenis SQL:

- Interactive SQL adalah SQL yang dibuat inractive sehingga mduah digunakan oleh user., sangat stadart dan menarik.

- Static SQL adalah menyediakan kemampuan penting utnuk pengembangan aplikasi dengan mengijinkan akses kepada database yang menggunakan SQL statement interaktif yang normal, dengan modifikasi kecil dalam beberapa kasus.

- Dinamic SQL digunakan Untuk membuat query dinamis dengan kondisi yang dinamis juga sesuai dengan pilihan user cukup sering ditemui pada query untuk menampilkan report.
SUBSIDI SQL :
- DDL (Data Defenition Language)
Merupakan kelompok perintah yang digunakan untuk melakukan pendefinisian database dan pendefinisian tabel.

Dengan kelompok perintah dalam DDL ini, maka kita dapat membuat tabel, mengubah strukturnya, mengahpus tabel, membuat indeks untuk tabel, dan lain-lain yang berkenaan dengan pembentukan struktur database.

- DML (Data Manipulation Language)
Merupakan kelompok perintah SQL yang digunakan untuk melakukan manipulasi data dalam database, menambahkan (insert), mengubah (update), menghapus (delete), mengambil dan mencari data (query).
Perintah SQL standar seperti : select, insert, update, delete, create, drop dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan berhubungan dengan data suatu database
- DCL ( Data Control Language)
Merupakan kelompok perintah SQL untuk memberikan hak otorisasi mengakses database, megalokasikan space, pendefinisian space, dan audit penggunaan database.
Beberapa perintah dalam DCL seperti : COMMIT, ROLLBACK, GRANT, REVOKE.

MENGGUNAKAN FUNGSI AGREGAT :
1. COUNT
Merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mengetahui jumlah record dari suatu tabel. Jumlah record yang ditampilkan adalah jumlah record berdasarkan perintah SELECT. Apabila perintah SELECT tidak disertai dengan kondisi, maka hasil dari COUNT akan berupa seluruh record dari tabel yang diacu pada perintah SELECT tersebut.


Bentuk dasar : count(namafield atau *)
2. SUM
Merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk melakukan penjumlahan isi field yang bertipe numerik, yang namanya disebutkan pada namafield yang dijadikan parameter.


Bentuk dasar : sum(namafield)
3. AVG
Merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata suatu field yang bertipe numerik, yang namanya disebutkan pada namafield yang dijadikan parameter.
4. MIN
Merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai terkecil (minimum) dari field yang bertipe numerik, yang namanya disebutkan pada namafield yang dijadikan parameter.


Bentuk dasar : min(namafield)
5. MAX
Merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai terbesar (maksimum) dari field yang bertipe numerik, yang namanya disebutkan pada namafield yang dijadikan parameter.


Bentuk dasar : max(namafield)
SUBQUERY
Pengertian singkat tentang “subquery” adalah perintah SELECT yang berada di dalam perintah SQL lain. Subquery sangat berguna ketika kita ingin menampilkan data dengan kondisi yang bergantung pada data di dalam table itu sendiri.

Post a Comment

0 Comments